よこそ!!!!

स्वागत, ДОБРО ПОЖАЛОВАТЬ, مرحبا بكم, 欢迎, 환영, ยินดีต้อนรับ, WELCOME

Selasa, 18 Oktober 2011

Ngobrolin Musik

Faktanya, orang orang bilang kalau musik itu bagian dari hidup kita. Emang nggak salah sih, soalnya menurut psikolog asal Inggris (yang sampai sekarang saya lupa namanya) bilang bahwa pada umumnya manusia punya perasaan musikal. Pernah dengerkan kalo bayi yang ada dalam kandungan mamahnya bakalan terpengaruh smaa musik apa aja yang didengerin mamahnya. makanya banyak tante tante hamil yang demen dengerin musik klasik buat pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil.

Faktanya lagi, musik jadi alat komunikasi non verbal yang universal. Banyak banget orang yang suka sama sebuah lagu tanpa peduli dengan bahasa apa lagu itu dinyanyiin. itulah uniknya, apapun bahasanya, minumnya bukan teh botol sosro, tapi kita tetep suka asalkan melodinya pas di kuping dan ngegaet hati. That's why musik jadi alat perdamaian. Musik bisa kampanye damai? Maksudnya, liriknya menggugah perdamaian. Nah, abang abang di Coldplay dan Blue juga demen nyanyiin lagi beginian.

Fakta ketiga, musik itu pengaruhnya sampe ke otak sampe ke hormon. Coba dengerin Hips Don't Lie-nya Shakira atau Lose My Breath-nya tante tante Destiny's Child. Gak tahan pengen goyang deh. Kenapa? Emang, nada nada suara yang ada dalam musik tertentu bakan ngeaktifin sejumlah titik pada sistem syaraf manusia yang berhubungan langsung dengan pusat pusat mtivasi loh! Jadi bisa membangkitkan perasaan perasaan tertentu gitu. Atlet atlet yang mau tanding biasanya di support pake theme song-nya sendiri sendiri biar semangat. Nah terus buat suasanya khidmat kayak upacara pemakaman pahlawan, kita bisa dibikin merinding ngeri dengerin lagu Gugur Bunga.

Then, dari penelitiannya Om Julius Portnoy; musik itu bisa mengubah laju metabolisme badan dan punya pengaruh ke energi juga. Bisa dibuktikan! pas kalian baru kelar kuiah, sekolah, atau les, capek dan langsung leha leha sambil dengerin musik kalem, nggak usah nunggu lama lama, kalian pasti zzzzzzz....zzzzzz. Ketiduran!

Nggak aneh kok, musik emang ngebawa efek. Musik yang kalem ya menenangkan soalnya merangsang terbentuknya hormon endorfin. Kalo dihasilkan dalam jumlah banyak, perasaan rileks yang ditimbulkan akan menjurus ke arah ngantuk, Sob. Semacam musik klasik, kalo didengerin selama 30 menit, bakalan menghasilkan efek yang sama dengan minum satu dosis valium. Nggak heran lagi kan kalo banyak pasien yang ngalamin tingkat stres tinggi dianjurkan buat terapi pake musik.

Pernah denger musik destruktif? Kenal kan sama musisi yang diembel embeli peringatan di albumnya pake kalimat 'Parent Advisory, Explicit Content'. Contohnya kayak Mas Eminem, Marylin Manson, Limp Bizkit dll. Gara garanya sih dinilai menawarkan musik destruktif yang punya efek merusak generasi muda, Sob.

FYI, sebenernya nggak ada yang namanya musik destruktif. Musik mereka yang bagi sebagian orang kedengeran kacau balau gak karu karuan sampe bikin genteng rumah goyang justru jadi terapeutik buat sebagian orang lain. Itu mah cuma masalah toleransi kuping aja sih.

Kalo ada lirik yang nyeleneh dan rada rada ancur bahasanya, menurut penelitian, efeknya bukan lebih ke liriknya tapi ke ritme dan tempo musiknya tadi. Kita juga sebagai pendengar musik kudu ngerti dong mana yang bener dan mana yang salah. Kayaknya nggak lucu aja kalo kita yang udah pada gede gini ikut melakukan tindakan yang nggak baik gara gara denger lagu yang liriknya aneh aneh. Kalo menurut CA Torres, yang rentan kena pengaruh negatif dari musik tuh justru orang yang nggak sadar sama apa yang dia dengerin, Sob.

Si Bob Marley bilang "One good thing abut music, when it hits, you'll feel no pain"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar