よこそ!!!!

स्वागत, ДОБРО ПОЖАЛОВАТЬ, مرحبا بكم, 欢迎, 환영, ยินดีต้อนรับ, WELCOME

Rabu, 27 April 2011

日本語学科の学生の悩み

Ahahahahah, judulnya nggak nahan banget, sob! Hihihihih.

Tapi iya kok, itu sebuah penderitaan buat mahasiswa yang masuk sastra jepang tanpa niat dan hanya kejeblos semata. Kayak saya. Heheheh. Maunya masuk sastra Inggrisnya UM, eh, ternyata nyebrang ke Sastra Jepang UB. Mentang mentang UM sama UB hanya terpisah oleh jalan raya.

Hm, saya nggak nyesel kok. Bokis abis yak! Sebenernya nyesel. Tapi ya udahlah, udah terlanjur ini. Mau keluar juga sayang banget sama duit yang udah dibayarin.

Caaaapek banget! Kaget, pe ernya ngalah ngalahin pe er saya jaman SMA dulu. Dan yang dipelajari anak Sastra Jepang di Indonesia adalah apa yang dipelajari anak SD dan SMP di Jepang. Jadi meskipun tampang tua, otak tetap muda (gak jelas!).

Ngiri juga sama anak fakultas lain yang dalam satu minggu ada hari libur lain selain sabtu dan minggu. Jadi pas KRS-an mereka bisa ngosongin satu hari. Lhah, saya? IM-PO-SI-BEL (dengan medok). Hari hari diisi dengan kesibukan, kebingungan dan airmata (halah).

Dia awal minggu aja udah harus nyiapin otak buat mata kuliah MAHA SUSAH yaitu 日本語中級II, nyiapin kemampuan merangkai kata kata dengan baik dan benar buat mata kuliah翻訳II dan test setiap pertemuan di mata kuliah文字IV. Asik nggak tuh. Nggak ada yang namanya mata kuliah dimana kita hanya duduk dan dengerin sambil ngantuk. Belom lagi peernya. Yang namanya mata kuliah 文字IV, kita dikasih pe er nulisin kanji berserta 書き順, ngitungin画数, bikin 例文, nyari contoh 熟語nya juga sekalian. Ah, senangnya hatikuuuuu... (miris). Enough? Belum sob, kita juga harus ngafalin 単語リスト, presentasi di setiap pertemuan mata kuliah Pola Pikir Masyarakat Jepang, bikin 作文 sesuai dengan tema yang ditentukan, nyiapin kuping buat 聴解 dan mata harus sehat dan kuat melek buat banyak banyak baca dipelajaran 読解, pasang muka tebel dan ingatan kuat, plus improvisasi incase ada yang lupa pas mata kuliah 会話 disetiap hari jumat. Dan lagi jangan sampe ketinggalan, butuh ingatan super untuk mengingat tokoh tokoh bersejarah dan karya karya sastra jaman baheula di mata kuliah 本文学史

Kitabnya anak anak Sastra Jepang:

(kami dengan penuh kasih sayang memanggilnya dengan sebutan Opa Kenji, atau kadang Papa Kenji)

(tumpukan benda yang biasanya saya gendong ke kampus, kenalin, yang merah tebel itu kamus kanji, kami dengan penuh rasa terimakasih menyebutnya Om Nelson...)

(Opa Kenji dan Om Nelson selaluuuuuuuu bersama....)

Akibat jam belajar yang terlalu padat, lupa segalanya dan mengabaikan segalanya termasuk ruangan yang kita tempatin tidur tiap ari (baca: kamar).

(bisa dilihat dengan kasat mata, buku kesusastraan jadi nyampur sama sajadah dan mukena, laptop diatas kasur yang spreinya awut awutan)

(abis belajar, buku sakti nggak pernah balik ketempatnya, biasanya kebawa tidur, jadi bantal, atau ketendang tendang sampe lantai *mahasiswa durhaka)

Efek terlalu cinta sama Kanji:

(nempelin kanji di tiap sudut kamar saya biar saya bisa liat tiap ari, bahkan, saya saking kurang kerjaannya sampe berusaha meng-kanji-kan nama saya sendiri)


Tapi untunglah sekarang kuliah padatnya nggak kayak pas saya masih 1 nensei. Tapi tugasnya mah nggak berubah, sob. Sama aja.

Hihihih. Tapi itulah. Karena banyaknya penderitaan *lebay, saya jadi sangat, teramat, sangat haus hiburan sekali. Jadi jangan anggap saya nggak waras kalo saya suka melakukan sesuatu yang kadang nggak penting, dan nggak lazim. Karena itu adalah salah satu cara untuk melepas penat.

Contoh:

Sinetron sinetronan.


Akting gak jelas.


Motret motret gak jelas.


Menganiaya orang sembarangan.


Foto fotoan dengan muka yang dijelek jelekin (padahal aslinya udah jelek).

(saya yang tengah diapit dua wanita geje: Ari dan Kusnul)


Iyak, ini semua udah takdir, jalanin ajah yang bener. Andai saja saya dulu nggak kejeblos ke sastra Jepang, saya gak bakalan ketemu temen temen yang sekarang, nggak mungkin kos di tempat yang sekarang dan pasti nggak akan nulis ini.

Dan tadi pagi saya baru lepas dari tugas 文字dan 日本文学史yang saya kumpulin tadi pagi dan saya kerjain semaleman sampe saya begadang dan bangun jam setengah tujuh, padahal kuliah sakubun saya dimulai jam 7 sedangkan saya butuh setengah jam untuk mandi. Tugas tugas itu memang tidak bisa dimaafkan!!! *bergaya wedding peach.

Iya, jadi beberapa hari ini saya emang secara tidak sadar begadang semaleman. Nggak bisa tidur sob, padahal udah kelar UTS. Malah saya selasa kemaren berangkat kuliah nggak pake mandi. Sumpah, kuliah 語彙 saya jam 7 dan saya bangun jam 06.57. Hasilnya saya lari ke kamar mandi buat cuci muka bersihin belek sambil gosok gigi dan dandan ala kadarnya. Jadilah saya hari itu lari lari ke kampus sambil ngegedein betis. Nyampe ke kampus eh, senseinya belom dateng. Kampret. Udah dibelain lari lari juga! Eh, pas cerita membeberkan aib kalo saya belom mandi ke Rita, dia malah nyekikik kayak mak lampir.

Lagi, novel saya juga nggak kelar kelar. Aaaaaaaaaarrrrrggghhhhh!!!!!

Rasanya saya udah mati ide, nggak sih, sebenernya idenya tuh udah kelap kelip kayak lampu tempel pake minyak tanah. Jadi idenya dateng disaat yang nggak tepat, disaat saya sedang khusyuk bercinta dengan 中級atau 漢字, si ide malah berseliweran di kepala. Akhirnya demi masa depan di sastra Jepang saya ngerjain tugas dulu, maunya sih idenya disimpen, eh malah ngilang. Nguap gitu aja. Syaiton!

Saya nggak tau kenapa, hidup saya akhir akhir ini jadi semakin serawutan dan nggak teratur. Beban saya banyak, atau saya udah mau sakit jiwa, atau dua duanya?

2 komentar:

  1. 実は、あまり好きじゃないけど、毎日練習しなければならなくて、仕方がないの。
    あなた、好きですか。

    BalasHapus